Wow, Uang Panai' Adat Bugis Makassar Sampai Ratusan Juta?
Wow, Uang Panai' Adat Bugis Makassar Sampai Ratusan Juta?

MaxNyoos.com – Makassar adalah salah satu kota besar yang ada di Indonesia, letaknya di Sulawesi Selatan.Di balik keindahan tanah bugis, di balik keramahan, kekuatan, kecantikan, serta ketampanan orang bugis terdapat "rasa sakit" yang terpendam amat dalam. Untuk urusan pernikahan, adat bugis tradisinya sendiri yang dimana tidak semudah mengucapkan Ijab Qabul dan menyiapkan mahar pernikahan. Namun ada satu persyaratan lagi yang dapat membuat kita kaget yaitu “Uang Panai”.

Pada tanggal 25 Agustus 2016 kemarin kisah uang panai telah diangkat menjadi sebuah Film berjudul “Uang Panai Maha(R)L” . Film berlatar budaya bugis ini telah sukses mencuri perhatian banyak penonton sehingga menjadi salah satu film terlaris pada tahun 2016. Uang Panai adalah uang belanja (di luar dari mahar) yang harus diserahkan pihak laki-laki kepada pihak perempuan sebelum pernikahan dilangsungkan. Nominalnya bahkan tidak sedikit, mulai dari puluhan hingga ratusan juta tergantung permintaan sang keluarga wanita. Tidak hanya sampai disitu saja, bahkan seringkali pihak perempuan masih meminta tambahan berupa gula pasir, tepung, beras, kelapa, dan lain sebagainya.

Karena hal inilah yang terkadang menjadi penyebab seorang pria di Makassar batal untuk menikahi sang kekasih. Uang Panai menurut adat bugis merupakan bentuk penghargaan yang luar biasa sekaligus turut mengangkat harga diri setinggi-tingginya. Tidak ada tawar menawar soal harga diri bagi menurut keluarga wanita. . Sempat beredar sebuah meme berupa daftar harga Uang Panai' berdasarkan klasifikasi pendidikan. Yang mana dalam daftar tersebut dituliskan bahwa:

  • Tamatan SMA dinilai 20 juta
  • Tamatan D3 senilai 30 juta
  • Tamatan S1 senilai 40 juta
  • Tamatan S1+ cantik senilai 150 juta
  • Tamatan S1+ cantik + kaya 200 juta
  • Tamatan S1 + cantik + kaya + bergelar Hajja dinilai sebagai sesuatu yang justru mematikan.
Baca Juga 

5 Pertanyaan Untuk Pasanganmu Ini Wajib Ditanyakan Sebelum Kamu Menikah Dengannya

Sesuatu yang akan membuat kita terkaget dengan harganya bukan? Namun sebenarnya hal ini biarlah tidak menjadi standar orang tua ketika menerima lamaran seorang pria. Bisa jadi karena Uang Panai yang terlalu tinggi mengakibatkan terjadinya hal-hal negative yang tidak di inginkan yang justru dapat merusak citra harga diri keluarga.

apa pendapatmu?