Tips Rahasia Menekan Biaya Pengeluaran Untuk Mendaki Gunung
Tips Rahasia Menekan Biaya Pengeluaran Untuk Mendaki Gunung

MaxNyoos.com – Mendaki adalah salah satu olahraga yang banyak diminati, tidak hanya orang tua namun dikalangan remajapun olahraga ini terbilang banyak peminatnya. Banyak orang yang mengira kegiatan mendaki gunung memerlukan biaya yang besar, mulai dari persiapan peralatan pendakian, dan juga biaya perjalanan untuk menuju kaki gunung.

Dan memang benar sih, jika Anda membeli semua peralatan mendaki tersebut tentu saja akan menghabiskan biaya yang besar sekitar 2,3 juta hingga 3,3 juta lebih untuk peralatan pendaki seperti Eiger, Consina, Patagonia Outdoor.

Dan minimal peralatan pendakian yang perlu disiapkan berupa ransel, sepatu, baju trekking, celana trekking, jaket, sweater polar, buff, senter, headlamp, matras, sleeping bag, tenda, kompor, alat makan,  dan alat memasak.

Namun apakah ada cara untuk dapat menekan budget pengeluaran untuk membeli peralatan endakian tersebut agar tetap dapat mendaki gunung ? Ya, Tentu saja.

Pertama Anda harus mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk mendaki gunung dan membuat listnya

Alternatif lainnya Anda bisa bergabung dengan komunitas pendaki gunung atau mencari teman-teman yang juga hobi mendaki gunung.

Baca Juga 5 Aplikasi ini Wajib Ada di Gadget Kalian Saat Akan Berlibur Keluar Negeri

Alat-alat pendakian yang bersifat kelompok misalnya tenda, kompor, gas dan alat masak lainnya bisa dibeli secara patungan. Dengan begitu akan mengurangi biaya membeli ala-alat tersebut secara individu. 

Selain itu, lebih baik membeli alat-alat pendakian secara bertahap. Untuk pendaki pemula lebih baik membeli alat-alat pendakian yang bersifat penting dan tidak bisa dipinjam kepada rekan-rekan, seperti sepatu dan jaket.

Selain membeli peralatan pendakian, ada cara yang tepat untuk menekan budget pengeluaran yaitu dengan cara menyewa alat-alat pendakian tersebut ditempat yang menyediakan jasa penyewaan alat gunung. Anda bisa menyewa berupa ransel, kompor, sleeping bag dan peralatan lainnya. Tentu saja harga yang diberikan akan lebih murah dibandingkan jika langsung membeli semua peralatan mendaki tersebut.

Pengeluaran tidak hanya pada saat membeli peralatan, namun juga pada biaya transport untuk menuju kaki gunung yang akan didaki.

Untuk mengurangi biaya tersebut Anda bisa mencoba untuk menggunakan kendaraan motor, dan usahakan Anda tidak sendiri karena dengan membawa rekan akan mengurangi biaya tersebut. Atau anda bisa menyewa mobil namun secara beramai-ramai dan tentu saja hal ini akan sangat membantu untuk menekan budget yang keluar.

apa pendapatmu?