Si Mungil Yang Kaya Manfaat
Si Mungil Yang Kaya Manfaat

MaxNyoos.com Sirih cina atau sering di sebut dengan sirih bumi adalah jenis Tumbuhan liar, tumbuhan ini biasanya disebut dengan Gulma, dikarenakan tanaman  ini tumbuh liar di pematang sawah atau di tempat-tempat lembab yang mengandung air. 

Ketidak tahuan kita akan manfaat dari tanaman satu ini membuat kita menyepelekanya, dan terkadang kita hanya mencabut dan terus membuangnya begitu saja tanpa menghiraukan manfaatnya, namun tahu kah kita banyak khasiat dari tanaman ini untuk kesehatan, berikut ini daftar khasiat-khasiatnya.

1.     Flu dan batuk

Dapat menjadi pilihan untuk obat flu dan batuk

2.     Diare

Mampu menjadi obat diare ketika kita berada di alam atau di luar rumah.

3.     Darah tinggi

Ternyata dalam tanaman mungil satu ini mampu menurunkan darah tinggi atau hipertensi.

4.     Rematik

Bisa menjadi obat rematik juga, dari khasiat kandungan dalam tanaman mungil satu ini.

5.     Asam urat

Mampu mengurangi gejala asam urat bila sewaktu-waktu kambuh.

6.    Jerawat

Ternyata bisa menjadi obat jerawat dengan cara mengolahnya menjadi masker dan lainnya.

7.     Bisul

Seperti halnya tanaman lain, tanaman satu ini mampu mengobati obat penyakit kulit seperti bisul.

8.     Kulit melepuh

Kulit yang melupuh di karenakan bakteri atau hal yang lainnya bisa di sembuhkan dengan tanaman satu ini yang memiliki kandungan anti baktri yang cukup tinggi.

Pemakaian dalam

  • Untuk minum airnya : 15-30gr direbus

  • Sakit perut : 30 gr seluruh tanaman sirih cina segar dicuci dan ditumbuk halus, lalu air perasannya diminum secara teratur.

  • Ambil segenggam dicabut sama akar-akarnya cuci bersih rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih sampai tinggal satu gelas diminum pagi dan sore. Bisa juga dibuat sayur bening dikarena rasa dan aromanya seperti sayur bayam dan tidak ada efek sampingnya

  • Dimakan sebagai sebagai lalapan mentah. Ambil setengah mangkuk tanaman peperomia segar atau sirih cina ini, cuci dengan air bersih, lalu dimakan sebagai salad sayuran atau lalapan. Rasanya renyah seperti seledri. Setengah mangkuk ini tidaklah harus dihabiskan sekaligus, tetapi bisa untuk tiga kali makan atau seperlunya.

Pemakaian luar : 

  • Petik daun sirih cina secukupnya, tumbuk halus, tempelkan ditempat yang sakit.

  • Ambil segenggam tanaman peperomia atau sirih cina segar, seduh dengan air panas. Biarkan sebentar. Bila airnya sudah dingin, gunakan untuk mencuci muka.

  • Bisa juga tanaman ini diremas - remas atau ditumbuk halus, kemudian ditempelkan kebagian wajah yang ditumbuhi jerawat atau bisul.

apa pendapatmu?