Mengikuti 7 Ekskul Ini Ternyata Bisa Buat Sukses Lebih Cepat!
Mengikuti 7 Ekskul Ini Ternyata Bisa Buat Sukses Lebih Cepat!

MaxNyoos.com - Untuk kalian yang tidak mengikuti ekskul di sekolah, dijamin rugi berat. Karena nyatanya ekskul gak cuma berguna menambah nilai di raport saja tapi juga menjadi sarana pengembangan diri. Bahkan dengan mengikuti 7 ekskul ini kamu bakal punya modal kuat buat jadi orang sukses di masa depan: 

1. Osis

1. Osis

“Ngapain sih ikut osis? Mending juga main di main”. Jadi jika ada temanmu yang berkata seperti ini, dijamin deh mungkin dia tahu manfaat menjadi anggota Osis. Selain dilatih untuk bersikap kritis, tergabung dalam Osis membuatmu terbiasa melakukan kerjasama. Skill berpikir kritis dan kemampuan bekerja secara tim tersebutlah yang membuatmu lebih mudah mengecap keberhasilan.

2. Paskibra

2. Paskibra

Salah satu modal menjadi orang sukses adalah memiliki sikap disiplin. Ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk melatih kedisiplinan, misalnya mengikuti kegiatan paskibra. Anggota paskib biasanya dituntut untuk selalu konsisten latihan dan datang tepat waktu sehingga secara gak langsung membuatmu lebih disiplin. Oleh karena itu kedisiplinan tersebut yang akan menjadi modal penting untuk kamu meraih sukses. 

3. Karya Ilmiah Remaja

3. Karya Ilmiah Remaja

Ada yang pernah dengar ekskul Karya Ilmiah Remaja? Ekskul KIR itu sejenis science club yang kegiatannya aktif berputar di penelitian dan perancangan teknologi. Kalau kamu salah satu siswa yang beruntung dapat bergabung dalam ekskul ini, kamu berkesempatan untuk mengembangkan minat kamu pada teknologi yang bisa jadi basic yang bagus untuk kamu yang ingin belajar dan berkarir di jurusan teknik dan teknologi.

Baca Juga Cukup Dengan Berkerja dari Rumah Bisa Menghasilkan 15 Juta Per-Bulannya Loh!

4. Radio

4. Radio

Sekolahmu punya ekskul radio? Mending kamu buruan daftar jadi anggota deh sebelum kuotanya penuh! Karena selain fun, ekskul radio memberi manfaat yakni melatih kemampuanmu berkomunikasi. Di ekskul radio peserta akan dilatih bagaimana caranya mengembangkan topik pembicaraan dari skrip lalu membicarakannya kepada pendengar. Untuk yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan jurusan komunikasi, mau jadi presenter, atau pembaca berita ikutan ekskul radio pasti akan sangat berguna.

5. Teater

5. Teater

Kalau kamu pikir gabung ekskul teater cuma cocok untuk yang pingin jadi aktris aja, ternyata kamu salah besar! Ya ada benarnya kalau kemampuan utama kamu yang akan diasah itu mengenai akting, tetapi banyak juga hal lain yang bisa kamu pelajari dari menjadi anggota ekskul teater. Dalam ekskul teater kamu akan dituntut untuk bisa mengeksplor karakter, baik karakter diri sendiri maupun orang lain, hal ini membantu banget untuk kamu memahami kepribadian banyak orang yang pastinya bisa benar-benar berguna di dunia kerja kamu nantinya yang akan mengharuskan kamu untuk berinteraksi dengan orang banyak.

6. Kesenian

6. Kesenian

Kalau kamu pikir ekskul kesenian seperti tari tradisional, paduan suara, dan kerajinan gak penting untuk masa depanmu maka kamu salah besar! Meskipun memiliki dampak yang tidak langsung, namun banyak soft skill yang terasah bila kamu bergabung di ekskul ini. Utamanya, aktif di ekskul kesenian pada akhirnya membentuk kamu menjadi pribadi yang kreatif yang berguna banget nantinya untuk dunia pekerjaan kamu.

7. Olahraga

7. Olahraga

Sepak bola, basket, voli, dan masih banyak lagi merupakan ekskul yang banyak dijumpai di Indonesia. Selain tujuan utamanya untuk melatih dan mengolah fisik, ekskul-ekskul olahraga ini juga berperan penting loh untuk melatih sportifitas dan kemampuan bekerja sama kamu. Tidak menutu kemungkinan saat kamu memasuki dunia kuliah dan pekerjaaan, kamu akan banyak menemui proyek yang membutuhkan team work dan disinilah kamu akan merasakan besarnya peranan manfaat ekskul olah raga yang telah membentuk kamu menjadi pribadi yang sportif dan mampu berkerja sama!

Bagaimana setelah melihat manfaat-manfaat ekskul diatas udah tertarik ikut ekskul belum? Ekskul ternyata dapat memberimu bekal untuk sukses.

apa pendapatmu?