Kenali Tanda-Tanda Adanya Situs yang Memberi Informasi Palsu
Kenali Tanda-Tanda Adanya Situs yang Memberi Informasi Palsu

MaxNyoos.com - Pada era modern ini, banyak sekali kejahatan online salah satunya adalah adanya situs - situs yang seharusnya tidak ingin kita tuju. Situs yang palsu tersebut pastinya membuat pengguna internet yang ingin mencari informasi pastinya mengalami kegelisahan karena kita tidak mendapatkan hasil yang kita inginkan, contohnya adanya situs download yang palsu tersebut.

Nah, disini MaxNyoos akan membahas sedikit tentang tanda - tanda adanya situs palsu tersebut, supaya kita juga harus tetap waspada pada saat kita menjelajah situs ataupun mendownload dari situs - situs yang bisa dibilang aneh dan biasanya ada juga situs download tersebut terkena deteksi virus malware dari pc atau laptop kita. Maka dari itu, kita perlu memperhatikan situs - situs yang sudah dapat dipercaya dan situs yang hanya membuat konten atau informasi yang palsu. Inilah beberapa tanda untuk mengenali situs yang palsu tersebut. Simak dengan baik.

Situs yang banyak Iklan dan situs yang dilapisi dengan Pop-Up

Situs yang banyak iklannya sampai - sampai mengganggu kita dalam meng-aksesnya, pastilah situs tersebut sangat mengutamakan penghasilan daripada isi konten yang tepat. Karena mereka hanyalah mengutamakan politik untuk pemasukan yang sebanyak - banyaknya dengan mengakali google keyword supaya mendapat search engine yang baik, pastinya berdampak buruk untuk kita yang sedang mencari informasi akan tetapi ternyata informasi yang kita inginkan tidak tercapai.

Sama halnya pada situs yang dilapisi dengan pop-up. Situs yang dilapisi pop-up ini malah lebih mengganggu kita dalam peng-aksesan internet. Kenapa? Karena jika kita meng klik bagian dari situs tersebut, maka browser kita akan otomatis membuka banyak sekali jendela baru untuk direct ke situs - situs yang tidak kita inginkan. Nah, tentunya akan sangat mengganggu dan menjengkelkan sekali kan? Maka dari itu, jika kamu pernah mengalami hal tersebut, maka cepatlah keluar dari tab atau jendela browser dan jangan ulangi lagi untuk meng akses situs tersebut.

Biasanya ada juga iklan pop-up yang memunculkan kotak dialog di jendela browser kamu. Kotak dialog tersebut hanya ada tombol OK sama Back atau Cancel. Pada kotak dialog tersebut perlu diwaspadai karena kebanyakan hal tersebut akan mendatangkan virus malware. Maka dari itu, jika kamu menemukan hal seperti itu, sebaiknya langsung saja tutup browser kamu, karena untuk antisipasi supaya tidak sampai terkena jika ada virus.

Saya sarankan untuk mengatasi kedua hal tersebut, anda hanya perlu meng install add-on di browser anda yang namanya ad-block. Pengaya tersebut akan sedikit membantu anda dalam mengatasi situs - situs yang menjengkelkan tersebut.

Situs Peer to Peer atau Situs Upload dan Download File

Adapun situs untuk download yang disarankan seperti MediaFire, 4Shared dan RapidShare. Beberapa situs tersebut sering digunakan untuk segala jenis file yang didownload dan situs tersebut sudah terkenal dalam dunia download software apapun. Akan tetapi perlu diperhatikan juga dalam mendownload haruslah di scan terlebih dahhulu, karena kita juga harus antisipasi ada atau tidaknya virus dalam software yang telah kita download.

Saya sarankan aktifkan sistem firewall pada antivirus yang ada di pc ataupun di laptop kamu. Karena untuk mengantisipasi dari hal yang paling buruk. Kan tidak ada salahnya jika kita meng-antisipasi hal tersebut.

Baca Juga : 8 Fungsi Rahasia Android 90% Orang Tidak Mengetahuinya

Nama dan Alamat Situs Terlihat Aneh

Penamaan dan alamat situs juga harus diwaspadai karena ada banyak alamat situs yang tampil dan tidak ada deskripsi dari situs tersebut. Tidak adanya deskripsi brati juga bisa dikatakan tidak adanya tujuan dari situs tersebut. Contohnya seperti situs musik, tapi didalamnya berisi informasi tentang memasak, mencuci, atau lainnya yang pastinya menyimpang dari nama dan url yang mereka buat. Pada situs ini tidaklah berbahaya, akan tetapi jika kita mengakses situs tersebut, pastinya tidak ada informasi yang tepat untuk tujuan kita.

Ada juga pengaya atau add-on pada browser apa saja yang namanya biasa disebut dengan Web Of Trust (WOT). Pada pengaya ini akan memberitahukan bahwa sebuah situs yang akan di akses benar - benar aman atau tidak. Semoga dapat membantu dalam mencegah adanya virus dari internet. Tentunya kita juga harus lebih berhati - hati ketika akan mengakses situs, terutama situs untuk download.

apa pendapatmu?