Jangan Lakukan 7 Kebiasaan Ini Agar Tidak Timbul Jerawat Punggung
Jangan Lakukan 7 Kebiasaan Ini Agar Tidak Timbul Jerawat Punggung

MaxNyoos.com – Terkadang kita menemukan jerawat pada bagian punggung, hal ini dapat terjadi karena terletak pada lokasi yang tersembunyi. Jerawat punggung juga sangat mudah untuk terinfeksi dan dapat meninggalkan bintik hitam maupun jaringan parut dan membuat jaringan parut pada punggung sehingga kulit Nampak tidak sehat dan tidak mulus.

Hal ini tentu saja dapat terjadi pada semua orang tutur dokter kulit Anthony M. Rossi, MD dari New York Presbyterian Hospital.

Menurut hasil data dari American Academy of Dermatologi, setidaknya ada sekitar 50 juta orang di Amerika yang menderita komedo ringan, jerawat pada wajah, leher, dada, lengan atas, bahu, dan juga punggung. Meskipun mungkin terbilang mudah untuk menutupi jerawat punggung dengan pakaian yang kita gunakan, namun jika berada di daerah dengan panas dan kelembapan yang cukup tinggi dapat menambah bakteri dan tentu saja memperparah jerawat punggung yang Anda alami.

Jerawat dapat timbul karena kelenjar keringat tersumbat, namun faktor gen, hormon, tingkat stres emosional dan pengobatan dapat juga mempengaruhi jerawat yang muncul. Terdapat 7 kebiasaan salah yang dapat memicu timbulnya jerawat dipunggung.

Namun dengan pencegahan dan penanganan yang tepat dapat mengurangi risiko terjadinya jaringan parut ataupun bintik hitam yang dapat timbul akibat terinfeksi jerawat.

1. Mengenakan pakaian yang telah penuh keringat lebih dari 15 menit

Biasanya selepas berolahraga berat kita pastinya akan malas untuk mengganti baju karena terlalu lelah. Namun mengenakan pakaian yang lembab ataupun basah karena keringat dapat menyebabkan bakteri untuk berkembang dan menginfeksi kulit. Rossi merekomendasikan untuk pria lebih baik untuk melepaskan baju dan bertelanjang dada selepas melakukan olahraga, setelah itu mandilah dengan air dingin untuk meredakan iritasi kulit.

2. Memilih pakaian olahraga yang tidak tepat

Ada beberapa jenis bahan pakaian yang dapat membuat kulit sulit untuk bernapas bila digunakan untuk olahraga, misalnya spandex yang dapat menyebabkan jerawat karena dapat mengikat keringat dan memicu kelembapan. 

3. Punggung lupa untuk dibersihkan

Penyebab lain timbulnya jerawat punggung adalah karena kotoran dan minyak berlebih pada kulit. Biasanya bagian punggung akan terlewatkan pada saat mandi sehingga punggung mudah terinfeksi. Gunakanlah sikat atau spons mandi yang memiliki gagang panjang agar dapat menjangkau bagian punggung yang sulit dibersihkan.

Baca Juga Para Pria, Apakah Wajib atau Tidak Untuk Mencukur Rambut Ketiak ?

4. Enggan untuk menggunakan scrub

Scrub tak hanya digunakan buat wanita. Pria pun dapat menggunakannya, terutama bagi pria yang rentan terinfeksi jerawat punggung, karena dapat membantu menyingkirkan kulit mati yang ada dipunggung yang dapat menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat dan menimbulkan jerawat.

5. Mencukur rambut pada punggung dengan teknik yang salah

Bagi Anda yang memiliki rambut disekitar punggung, perlu Anda ketahui teknik mencukur yang benar yang meminimalkan jerawat. Apabila rambutnya agak keriting dan cenderung tumbuh ke dalam cobalah untuk mencukur kearah pertumbuhannya dan gunakan pisau cukur tunggak.

Pisau cukur yang memiliki beberapa mata pisau sekaligus takutnya dapat memotog rambut pada sudut yg lebih tajam dan dapat meningkatkan resiko kulit menjadi iritasi.

6. Tidak membersihkan pisau yang telah digunakan

Jangan lupa untuk selalu membersihkan pisau cukur agar tidak ada bakteri yang menempel pada pisau cukur yang dapat menyebabkan infeksi ataupun jerawat. Bilaslah pisau cukur dengan air dan tepuk-tepuk sampai kering. Dan apabila menggunakan alat cukur listrik, cukup tiup atau residu apapun yang menempel pada alat cukur.

7. Kenakan pakaian olahraga 2 kali yang belum dicuci

Selalu pastikan untuk mencuci pakaian olahraga yang telah gunakan secara teratur, karena pakaian olahraga yang telah digunakan tentunya penuh dengan bakteri yang dapat menyebakan iritasi dan jerawat.

Dan apabila Anda memiliki jerawat yang tidak dapat diatasi dengan polah hidup sehat dan obat dari salap biasa, cobalah untuk konsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan khusus.

apa pendapatmu?