Ini Dia 5 Fakta Menarik Tentang Hari Raya Nyepi
Ini Dia 5 Fakta Menarik Tentang Hari Raya Nyepi

MaxNyoos.com - Hari raya Nyepi adalah hari raya yang dirayakan oleh semua umat Hindu yang ada di dunia. Di kutip dari balipedia.com Hari raya nyepi merupakan acara tahun baru, namun berbeda dengan acara tahun baru yang biasanya dirayakan secaa meriah namun sebaliknya saat hari H-nya seluruh umat Hindu yang ada di dunia yang merayakannya harus mematuhi 4 aturan penyepian. Mulai dari Amati Geni yaitu tidak menggunakan atau menghidupkan api, Amati Karya berarti tidak bekerja, Amati Lelungan yaitu tidak bepergian, dan Amati Lelanguan yang berarti tidak mendengarkan hiburan. 

Namun ternyata dibalik hikmah perayaan “Silent Day” ini, terdapat Fakta Unik Hari Raya Nyepi yang mungkin anda belum diketahui

1. Hari Nyepi Dapat MengurangiPenghasilan Gas H2O

1.      Hari Nyepi Dapat MengurangiPenghasilan Gas H2O

Ketika hari raya nyepi berlangsung secara tidak langsung telah ikut mengurangi jumlah gas karbon dioksida (H2O) sebanyak 20.000 ton dalam sehari.

2. Pelopor diresmikannya “World Silent Day”

2.      Pelopor diresmikannya “World Silent Day”

Hari rayaNyepi merupakan perlopor dari diperingatinya “World Silent Day” yang telah diresmikan oleh PBB yang di rayakan padasetiap tanggal 21 maret.

3. Melakukan Penghematan Listrik

3.      Melakukan Penghematan Listrik

Fakta unik selanjutnya yaitu umat Hindu diseluruh dunia telah ikut melakukan penghematan daya listrik, penghematan ini sebanyak 60%, dan jika dirupiahkan akan sekitarRp. 4M, atau sekitar 290 mega watt (MW) dalam seharinya.

Baca Juga : Teruntuk Wanita Inilah 15 Manfaat Menikah Muda

4. Menghemat Bahan Bakar Solar

4.      Menghemat Bahan Bakar Solar

Untuk masyarakat Bali saja, penghematan bahan bakar solar ini dapat mencapai 500.000 liter atau sebesar Rp. 3 M seharinya. Dikarenakan 2 Pembangkit listrik yang ada Bali diliburkan untuk beroperasi.

5. Memberikan Ketenangan

5.      Memberikan Ketenangan

Dengan adanya hari raya nyepi, para umat Hindu diajak untuk datang lebih dekat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Memberikan kesempatan untuk dapat berkumpul keluarga bagi mereka yang terlalu sibuk untuk bekerja.

apa pendapatmu?