Comeback Usai Ditinggal Member, Grup-Grup Ini Buktikan Sukses
Comeback Usai Ditinggal Member, Grup-Grup Ini Buktikan Sukses

MaxNyoos.com - Panggung musik K-Pop selama beberapa tahun terakhir banyak mengalami naik turun. Bukan soal popularitas, tetapi karena beberapa dari grup ternama ditinggalkan membernya yang sontak membuat fans terpukul. 

Kendati demikian, sejumlah grup membuktikan bahwa karir mereka tidak berhenti setelah ditinggalkan satu atau lebih member. Tak sedikit dari grup-grup idol ini sukses bangkit dan comeback-nya bahkan mencetak rekor baru sepanjang debut. 

Berikut ini mimin rangkumin beberapa dari grup idol K-Pop ternama yang comeback dan karya barunya sukses di pasaran usai ditinggalkan member. 

1. Highlight

Highlight bisa dibilang grup baru, tetapi membernya adalah para idol yang sudah berpengalaman. Siapa mereka? Mereka adalah Yong Jun Hyung, Yoon Doo Joon, Kikwang, Dongwoon dan Yoseob.

Kelimanya merupakan para member Beast, grup asuhan Cube Entertainment yang debut pada 2009. Sayangnya, setelah 7 tahun debut, Beast ditinggalkan Hyunseung pada April 2016 lalu. 

Hanya 2 bulan setelah Hyunseung resmi keluar, Doo Joon cs hadir merilis full album baru sekaligus yang terakhir bagi Beast berjudul "Highlight". Lewat title track "Ribbon", grup ini seolah memberikan kado perpisahan yang indah bagi para penggemar dan menanggalkan nama Beast segera setelah kontrak dengan agensi berakhir. 

Membentuk agensi independen Around Us Entertainment, Jun Hyung dan kawan-kawan lantas memutuskan judul album terakhir mereka sebagai Beast menjadi nama baru. Mereka kemudian debut ulang sebagai Highlight merilis mini album "Can You Feel It?" dan mengusung title track "Plz Don't Be Sad". 

Membuktikan prestasinya, Highlight berhasil meraih setidaknya 8 trofi sepanjang promosi "Plz Don't Be Sad". Bukan cuma itu, single andalan mereka bahkan sempat memuncaki chart musik digital di mana itu untuk pertama kalinya sepanjang 9 tahun menjadi idol.

2. Girls' Generation

Girls' Generation. Grup idol cewek K-Pop generasi kedua yang bisa dibilang paling pouler saat ini juga sempat mengalami masa sulit. SNSD pada tahun 2014 ditinggalkan salah satu membernya yaitu Jessica. Segera setelahnya, pada pertengahan 2015, Tae Yeon cs mengawali comeback berdelapan dengan single bertajuk "Party". Sukses rilis single, SNSD kemudian meluncurkan full album "Lion Heart" dengan dua title track, "Lion Heart" dan "You Think". 

Berkat "Lion Heart", SNSD membuktikan keluarnya seorang member tak mempengaruhi popularitas mereka. Nyatanya SNSD berhasil menutup tahun 2015 dengan penghargaan sebagai Best Female Group di ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA). 

Baca Juga Inilah 7 Artis Cantik Korea Yang Tidak Pernah Operasi Plastik

3. F(x)

Berada di agensi yang sama dengan SNSD, f(x) juga ditinggalkan salah satu member. Ia adalah Sulli yang resmi meninggalkan grup pada Juli 2015, namun hingga kini masih melanjutkan kontraknya dengan SM Entertainment. 

Setelah ditinggalkan Sulli, Victoria cs memulai comeback "4 Walls" Oktober 2016. Dan meski hanya berempat, f(x) membuktikan diri dengan prestasi yang diperoleh di ajang Golden Disk Awards. Mereka sukses membawa pulang Bonsang dari GDA 2016. 

Tak cukup sampai di situ, kesibukan f(x) pun berlanjut. Mereka sempat kembali merilis karya berupa single lewat channel musik digital SM STATION, serta Amber dan Luna yang sempat mengeluarkan karya solo. 

Hingga saat ini, comeback f(x) sudah dinanti-nanti, namun masih terkendala ketidakhadiran Victoria akibat konflik THAAD Korea Selatan dengan Tiongkok. 

4. EXO

Satu lagi grup SM yang ditinggalkan membernya adalah EXO. Bukan hanya satu, EXO kehilangan 3 member sekaligus secara berturut-turut pada periode tahun 2014-2015 sebelum dan sesudan comeback "Overdose". Pasca 3 member yaitu Luhan, Tao dan Kris keluar, Suho cs comeback merilis repackage "Love Me Right". Comeback bersembilan dengan album tersebut pun mengantarkan EXO pada kesuksesan. 

Pelantun "LOTTO" itu berhasil membawa pulang sederet penghargaan tertinggi (Daesang) dari berbagai ajang penghargaan. Diantaranya adalah Melon Music Awards 2015, Mnet Asian Music Awards 2015, Golden Disc Awards 2016 dan Seoul Music Awards 2016. 

5. Winner

 Terakhir, tetapi bukan satu-satunya. Grup besutan YG Entertainment, Winner (II) belakangan juga menjadi sorotan. Kang Seung Yoon cs baru saja comeback berempat mengusung album single "Fate Number For". 

Single ini adalah rilisan perdana setelah Winner ditinggalkan Nam Tae Hyun pada November 2016 lalu. Meski harus langsung memulai comeback beberapa bulan setelah kehilangan seorang member, namun Winner telah mencetak prestasi. 

Nama Winner makin tenar di industri musik K-Pop dunia. Bahkan, mereka akhirnya sanggup mengukuhkan diri di Billboard World Digital Song Sales berkat "Fate Number For", yang berisi dua title track "Really Really" dan "Fool". Selamat, ya, Winner! 

Adakah grup favorit kalian diantara daftar di atas? Kalau mimin sih yang HIGHLIGHT huhuhu sedih.

apa pendapatmu?