5 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan di Kala Cuaca Ekstrem Melanda
5 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan di Kala Cuaca Ekstrem Melanda

MaxNyoos.com - Indonesia terletak di atas garis khatulistiwa. Oleh karena itu, tidak seperti dinegara-negara Eropa dan Amerika Utara, di negeri ini tidak ada istilah empat musim. Ibu Pertiwi mendapat kehormatan untuk mengalami dua musim saja yaitu musim panas atau musim kemarau dan musim hujan. 

Masing-masing mendatangkan manfaat juga ancaman. Kini ketika musim hujan sudah melanda seluruh indonesia, Anda tentu tahu seberapa mudahnya jatuh sakit karena kehujanan. Tidak perlu kawatir dalam artikel kali ini kita akan membahas 5 tips ampuh menjaga kesehatan di kala cuaca ekstrem melanda.

1. Konsumsi Vitamin

1. Konsumsi Vitamin

Konsumsi vitamin yang berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh yang terdapat pada vitamin C. Dengan mencukupi kebutuhan harian akan vitamin C, sistem daya tahan tubuh dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan berbagai penyakit dikala cuaca ekstrem tiba. 

2. Jaga Kualitas Istirahat

2. Jaga Kualitas Istirahat

Istirahat ataupun tidur merupakan waktu reses tubuh untuk pemulihan seluruh sistem anggota badan setelah seharian bekerja. Kualitas istirahat itu sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh di kala musim hujan tiba.

3. Rutin Berolahraga

3. Rutin Berolahraga

Selain untuk meningkatkan kebugaran tubuh, berolah raga rutin setiap hari khususnya saat hujan sangat bermanfaat guna meningkatkan kekebalan tubuh anda. Tubuh yang tidak dilatih untuk terus berolah raga setiap hari sangatlah rentan terserang penyakit dan mudah lemas. Hal itu bisa terjadi karena cuaca dingin yang ekstrem disebabkan oleh hujan akan membuat suhu tubuh menjadi dingin dan tidak menentu, maka dari itu sangat disarankan untuk rutin berolah raga setiap hari agar tubuh tetap hangat dan kondisi suhu tubuh tetap stabil. 

Baca Juga Manfaat Jahe Untuk Obat Batuk dan Flu yang Tidak di Ketahui Banyak Orang

4. Membawa Jaket atau Jas Hujan

4. Membawa Jaket atau Jas Hujan

Satu ciri dari musim pancaroba atau musim peralihan adalah perubahan cuaca yang ekstrem dapat terjadi di hari yang sama dengan waktu yang sangat cepat. Bisa saja cuaca sangat cerah ketika anda keluar rumah, akan tetapi tidak berapa lama terjadi hujan lebat ataupun badai. Jangan lupa untuk membawa jaket, payung atau jas hujan meskipun cuaca tidak terlihat mendung.

5. Menjaga Pola Makan

5. Menjaga Pola Makan

Konsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan yang kaya akan antioksidan setiap hari sangat diperlukan untuk dapat menjaga daya tahan tubuh di kala cuaca ekstrem melanda.

apa pendapatmu?