5 Manfaat Utama Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh
5 Manfaat Utama Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

MaxNyoos.com - Buah nanas memiliki banyak penggemar di dunia ini karena rasanya yang manis dan sedikit asam. Buah tropis ini banyak di hidangkan pada musim panas yang menjaga tubuh agar tetap segar. Kandungan vitamin C yang tinggi dan berbagai mineral di dalamnya, menjadikan buah ini menjadi favorit untuk menjaga kesehatan tubuh tetap bugar. Bahkan, nanas juga dapat dicampurkan ke dalam masakan sebagai pelunak daging dan penyedap alami. Buah nanas lebih dari sekadar enak, tapi juga kaya manfaat. Berikut  adalah 5 manfaat utama buah nanas untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui:

1. Menjaga kesehatan tulang

1.	Menjaga kesehatan tulang

Tulang sangat membutuhkan kalsium, silikon dan manganagar menjadi kuat dan sehat. Nanas mengandung banyak mangan yang dibutuhkan untuk memperkuat tulang dalam masa pertumbuhan. Secangkir jus nanas cukup memberikan hampir 75 persen mangan yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Mangan tidak hanya memperkuat tulang saja, tetapi juga melindungi jaringan ikat, seperti tendon dan ligamen, sehingga mengurangi risiko cedera yang parah pada otot.

2. Menjaga Sirkulasi Darah

2.	Menjaga Sirkulasi Darah

Nanas juga mengandung mineral tembaga yang tinggi. Mineral ini sangat penting, karena berfungsi dalam sejumlah reaksi enzimatik dan senyawa dalam tubuh. Hal yang juga harus di ketahui adalah, bahwa tembaga merupakan salah satu unsur terpenting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Jumlah sel darah merah yang tinggi dapat meningkatkan oksigenasi keberbagai sistem organ sehingga berfungsi optimal. 

3. Meningkatkan kesuburan

3.	Meningkatkan kesuburan

Salah satu manfaat buah nanas yang lain adalah dapat mempengaruhi sistem reproduksi pada wanita. Antioksidan dalam jus nanas meningkatkan kesuburan dan menyingkirkan radikal bebas. Jus nanas kaya akan seng, tembaga, beta karoten, folat dan mineral lain yang membantu laki-laki dan perempuan mendapatkan sistem reproduksi yang sehat. Hebatnya lagi, minum jus nanas secara teratur dalam meningkatkan peluang kehamilan.

Baca juga Selain Bermanfaat Buat Tubuh, Buah Ini Juga Dapat Menambah Kegantengan Loh !

4. Meningkatkan Imunitas

4.	Meningkatkan Imunitas

Satu porsi jus buah nanas memiliki lebih dari 100% kebutuhan vitamin C setiap hari bagi manusia, menjadikannya salah satu sumber asam askorbat terkaya dan paling lezat. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi efek berbahaya dari radikal bebas.

5. Membantu fungsi saluran cerna

5.	Membantu fungsi saluran cerna

Gangguan saluran pencernaan seperti sembelit dan rasa mual sering terjadi karena tubuh tidak dapat mencerna protein dengan baik. Enzim bromelain yang terdapat di buah nanas dapat membantu memecah protein dengan lebih cepat sehingga mengurangi resiko berbagai efek dari sembelit dan rasa mual setelah makan-makanan tertentu.

apa pendapatmu?