14 Bahaya dari Mengkonsumsi Minuman Berenergi yang Berlebihan, Nih Penjelasannya.
14 Bahaya dari Mengkonsumsi Minuman Berenergi yang Berlebihan, Nih Penjelasannya.

Maxnyoos.com - Inilah 14 bahaya buat yang sering mengkonsumsi minuman yang berenergi seperti minuman kaleng yang tersedia di toko-toko dan swalayan. Minuman ini bukan hanya dikonsumsi oleh orang tua yang tergolong pekerja keras, tapi anak muda juga banyak yang mengkonsumsi minuman ini. Meskipun minuman ini membantu kita terjaga dalam melakukan aktifitas, tapi minuman ini juga menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan jika sering mengkonsumsinya. Inilah beberapa bahaya penyakit yang bisa ditimbulkan oleh minuman berenergi.

Serangan Jantung

Serangan Jantung

Minuman berenergi berdampak dengan serangan jantung. Dalam beberapa kasus menunjukkan bahwa minuman berenergi menyebabkan kontraksi jantung jadi lebih kuat, yang dapat membahayakan beberapa orang dengan kondisi jantung tertentu. Pada kasus lainnya menunjukkan bahwa hubungan antara minuman energi dan kejadian jantung terjadi pada kalangan remaja. Remaja yang mengkonsumsi minuman ini tidak diperbolehkan lebih dari 250 ml per harinya, karena anak-anak yang berusia 18-40 tahun yang mengkonsumsi minuman berenergi tersebut memiliki peningkatan yang signifikan dalam interval QTc mereka, yang merupakan penanda risiko detak jantung yang abnormal.

Baca Juga : Ada Orang yang Kena Serangan Jantung? Jangan Panik, Lakukan 5 Langkah Pertolongan Pertama Ini

Sakit Kepala dan Migrain

Sakit Kepala dan Migrain

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman berenergi dapat menyebabkan sakit kepala. Karena jumlah kafein yang terkandung pada minuman tersebut bisa saja mencapai 500 mg. Apalagi tiap hari mengkonsumsi minuman tersebut, pasti bahaya dan efek sampingnya bisa sampai menyebabkan sakit kepala yang lebih berbahaya.

Kecemasan yang Meningkat

Kecemasan yang Meningkat

Bahaya yang selanjutnya ini cenderung sering mengalami kegelisahan pada saat mengkonsumsi minuman berkafein tinggi yang ada pada minuman berenergi. Kadar kafein yang lebih tinggi tersebut bahkan bisa memacu rasa panik yang berlebihan.

Insomnia

Insomnia

Minuman berenergi dapat membuat seseorang menjadi terjaga dan tetap merasa segar. Namun, jika mengkonsumsi berlebihan, seseorang tidak akan merasa mengantuk sama sekali. Nah, kondisi insomnia tersebut akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan fisik dan mental terutama gangguan dalam berkonsentrasi pada suatu hal.

Diabetes

Diabetes

Hal ini sudah pasti disebabkan karena kadar glukosa yang sangat tinggi. Jika sering mengkonsumsi minuman berenergi maka akan menyebabkan defisiensi insulin karena akibat banyak gula dalam darah. Minuman yang berenergi juga memiliki kadar gula yang tinggi. Jika ditambah glukosa dari makanan lainnya akan menyebabkan kinerja pankreas menjadi lebih berat dalam menghasilkan hormon insulin.

Ketergantungan

Ketergantungan

Kecanduan atau ketergantungan dari mengkonsumsi minuman berenergi dapat menyebabkan kurangnya fokus pada saat tidak mengkonsumsi, bahkan meskipun cuma sehari tidak mengkonsumsi.

Interaksi Obat

Interaksi Obat

Terlalu sering dalam mengkonsumsi minuman berenergi akan mengakibatkan rasa cemas yang tinggi bahkan sampai rasa depresi akan muncul. Nah, kalo sudah seperti itu, maka lama kelamaan akan mengkonsumsi obat pemicu ketenangan dan pastinya obat tersebut akan cocok jika diminum sekalian dengan minuman berenergi. Karena efeknya membuat pengkonsumsi merasa lebih nyaman dan terjaga.

Perilaku Berisiko

Perilaku Berisiko

Ada sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of American College Health yang menunjukkan bahwa remaja lebih cenderung mengambil risiko yang berbahaya disaat mengkonsumsi minuman berenergi dengan kadar kafein yang tinggi. Perilaku yang berisiko tersebut bisa mengakibatkan cedera atau masalah hukum.

Kegelisahan dan Kesengsaraan

Kegelisahan dan Kesengsaraan

Terlalu banyak kandungan kafein dari minuman berenergi dapat menyebabkan beberapa orang merasa gemetar dan cemas karena dapat menimbulkan masalah emosional. Hal tersebut menunjukkan bahwa kafein bisa menimbulkan rasa kegelisahan dan kecemasan.

Muntah-muntah

Muntah-muntah

Terlalu sering mengkonsumsi minuman berenergi juga bisa menyebabkan muntah-muntah. Karena keseringan mengkonsumsi akan menyebabkan dehidrasi dan erosi asam gigi.

Reaksi Alergi

Reaksi Alergi

Karena keseringan mengkonsumsi dan banyaknya kandungan energi dalam minuman tersebut akan menimbulkan reaksi alergi, mulai dari gatal kecil hingga penyempitan saluran pernapasan.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi

Minuman yang berkafein tinggi seperti minuman berenergi dapat meningkatkan tekanan darah seseorang. Bagi mereka yang memiliki tekanan darah normal, ini bukan masalah, tapi tekanan darah yang tinggi dapat berisiko stroke dan masalah kesehatan lainnya yang terkait dengan hipertensi jika mereka mengkonsumsi terlalu sering minuman yang berenergi. Karena minuman berenergi memiliki efek negatif yang lebih besar pada tekanan darah.

Niacin Overdosis

Niacin Overdosis

Minuman berenergi mengandung berbagai vitamin B, salah satunya Niacin (vitamin B3). Seseorang akan mengalami hepatitis nonviral dari toksisitas B3 yang diyakini telah mengkonsumsi terlalu banyak minuman energi selama periode tiga minggu berturut-turut.

Pelepasan Hormon Stress

Pelepasan Hormon Stress

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Mayo Clinic menyimpulkan bahwa 240 juta merk minuman berenergi mengakibatkan peningkatan pelepasan hormon stress.

apa pendapatmu?