12 Tips Ampuh Agar Skripsi Cepat Selesai
12 Tips Ampuh Agar Skripsi Cepat Selesai

MaxNyoos.com - Banyak yang menganggap skripsi itu seperti hantu (mantan) yang selalu menghantui kehidupan sahabat maxnyoos. Tapi, tak usah khawatir dibalik kesulitan yang ada pasti akan ada cara penyelesaiannya dan jalan keluarnya. 

Selama beberapa semester (umumnya sih sampai semester 7)telah ditempuh untuk matakuliah disisi teoritisnya, sudah tiba waktunya untuk menerapkan serta menguji kemampuan memahami berbagai materi melalui sebuah penelitian. Sebagai seorang mahasiswa, sahabat maxnyoos pun diwajibkan untuk melakukan riset sebagai syarat kelulusan.

Yap, langsung saja saya berikan beberapa tips untuk sahabat maxnyoos agar skripsinya cepat kelar :D , Cekidot

1. Buatlah Deadline Sendiri Dan Berilah Peringatan Jika Menunda Skripsi Maka Dirimu Akan Merasa Rugi.

Misalnya yang mau lanjut S2

Image

Sudah pasti kan ada dari beberapa mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, dan banyak dari persyaratannya itu ditanyain lulus semester berapa. Jadi, jika kalau ada niatan untuk lanjut ke Master (S2) diusahain bisa lulus tepat waktu ya, skripsi cepat diselesaiin.

yang sudah ada calon

Image

“Menunda Skripisi = Menunda Akad Nikah”. :D

2. Carilah Tema Dan Judul Yang Sesuai Dengan Kemampuan Pada Diri Kamu

Image

Jangan dipaksain ya jika merasa belum bisa menguasai tema yang akan diambil, lebih baik cari yang sesuai dengan kemampuan dan pemahaman kamu, karena itu akan mempermudah penyelesaian skripsi dan acc dosen pembimbing kamu.

3. Berkumpullah Dengan Teman Yang Sama – Sama Ingin Segera Menyelesaikan Skripsinya Lebih Tepanya Nyelesaiin Kuliahnya

Lingkungan sekitar akan sangat mudah mempengaruhi kepribadian seseorang, jika berkumpul dengan yang mau cepat cepat selesai skripsi pasti nantinya akan ketularan semangatnya. 

Image

“Jika kamu berkumpul pada perkumpulan yang positif, pasti energi positif akan menyertaimu, dan sebaliknya jika perkumpulan negatif tempat perkumpulanmu maka kamu juga akan terjangkit juga.”

Semua tergantung pada pribadi masing – masing sih, kalau mental mu baik dan kuat tidak akan mudah terpengaruh dengan hal yang negatif.

Baca Juga Mengenal Rule Of Third Bagi Fotografer Pemula (DSLR)

4. Pahamilah Karena Dosen Memiliki Keinginan Untuk Mencoret Coret Skripsi Kamu

Image

Jadi jangan tersinggung ya, dan persiapkan mental karena eksistensi dosen ada dua hal yaitu mengajar kuliah didepan kelas dan mencoret – coret skripsi dan tugas akhir.

5. Tidak Usah Kaget Dengan Revisi, Jangan Revisi Semua Yang Dicoret di Revisi Semua

Untuk yang satu ini perlu diterapkan, misalnya ada yang dicoret 100, ambil 20 bagian saja untuk kamu revisi, karena dengan merevisi semua masukan dan coretan dosen hanya akan menghabiskan waktu dan membuat anda setres. Jangan lupa, dosen adalah profesi yang bisa dikatakan lumayan sibuk, sangat jarang dosen yang melihat semua hasil coretannya. 

Image

Bisa juga dosen lupa atas semua coretan di kertasmu. Kemudian jika ada poin yang pernah dicoret oleh dosen tidak sengaja terbaca dan belum kamu revisi cukup minta maaf dan katakan kalau poin tersebut terlewat. Berjanjilah untuk melakukan revisi lagi, tapi hal ini tentu tidak perlu kamu lakukan.

6. Tidak Skripsi Yang Sampai Tidak Ada Catatan Revisinya Ketika Kamu Sidang Skripsi

Image

Seperti halnya ketika konsultasi, meskipun siding masih tetap ada revisi. Lakukan revisi secukupnya saja, jika ketahuan belum kamu revisi bilang saja terlewat seperti poin sebelumnya. Mindset dosen ketika mahasiswa sudah melewati sidang skripsi sudah dianggap lulus meskipun masih ada revisi, jadi tenang saja.

7. Berpakaian Wangi, Rapi, Tetap Mendengar Dosen Mengangguk Dan Tersenyum Ketika Dosen Memberi Masukan.

Image

Cara berpenampilan kamu juga akan berpengaruh besar pada sikap dosen terhadap kamu, jadi berpakaian yang sopan ya. Dan juga cukup di iyakan saja ketika dosen memberikan masukkan karena dosen akan merasa dihargai saat kamu mendengar dan tersenyum mendengarkan penjelasannya.

8. Kerjakan Skripsi Di Tempat Yang Kondusif, Karena Kamu Butuh Konsentrasi Yang Tinggi Saat Mengerjakannya.

Image

Pilih tempat yang sekiranya membuatmu nyaman untuk mengerjakan, misalnya kalau suka suasana sepi bisa di perpus, di kamar. Kalau suka suasana kafe bisa juga ke kafe, yang terpenting kamu nyaman dan konsentrasi.

9. Jika Dosenmu Ada Yang Menulis Buku, Gunakan Buku Tersebut Sebagai Referensi.  Jika Tidak Sesuai Dengan Penelitianmu Bawa Saja Ketika Bimbingan Biar Beliau Tau Kalau Kamu Juga Sudah Membacanya.

Image

10. Cari Apa Kesukaan Dosen Kamu, Buku Misalnya Atau Yang Lain, Yang Penting Bukan Hal Yang Aneh – Aneh Ya :D

Image

11. Jangan Lupa Meminta Restu Dan Do’a Kepada Orang Tua Ya, Karena Doa Mereka Yang Sangat Kita Butuhkan Untuk Melakukan Segala Sesuatu.

Image

12. Pastinya Jangan Sampai Lupakan Tuhanmu, Tetap Seimbangkan Dengan Memohon Kepadanya Agar Apa Yang Kamu Kerjakan Selalu Mendapatkan Rahmatnya.

Image

Cukup itu saja, semoga bermanfaat bagi sahabat maxnyoos yang membaca artikel ini. 

apa pendapatmu?